Rabu, 14 April 2010

Penjelasan ilmiah Misteri Windows

Penjelasan ilmiah seputar Misteri Windows. Sperti yang sudah kita ketahui bahwa di OS windows kita tidak bisa membuat folder dengan nama CON , AUX , NUL , LPT1 , COM1 . dan juga ketika kita mengetikkan kata "Bush hid the facts" di notepad tanpa (tanda petik) kemudian di save lalu exit. ketika di buka kembali file tersebut maka kata yang anda ketikkan tadi tidak muncul. nah Pada artikel komputer kali ini saya akan mencoba menjelaskan seputar misteri yang ada di windows tersebut. 
1. Tidak bisa membuat folder dengan nama CON
Keanehan ini pertama kali ditemukan oleh orang India, dia menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membuat FOLDER di komputer dengan program Microsoft manapun dengan nama folder "CON". Ini merupakan hal nyata dan seluruh kru Microsoft sendiri tidak dapat menjawabnya kenapa hal ini bisa terjadi. Cobalah dengan membuat sebuah folder dengan nama CON , PRN , AUX , NUL , COM1 , LPT1. apa yang terjadi...??? gak bisa kan.... Coba cari hal lainnya yang berhubungan dengan system numerik-nya DOS.
     Sebenarnya kru Microsoft bisa menjelaskan hal ini. Karena hal ini berhubungan dengan system numerik jaman dulu (DOS system). Jelas, kalo DOS merupakan sistem operasi dasar dari WINDOWS, sehingga sistem secara default menghindari penamaan dengan menggunakan kata-kata diatas, hal ini juga berlaku bukan hanya untuk folder, tetapi juga untuk penamaan file, coba jajal rename file (misal) contoh.doc menjadi PRN atau prn, kemudian enter. Hal serupa pun pasti akan terjadi.
    Karena ini cuma berlaku buat OS turunan DOS, jadi ke OS selain itu (seperti hal nya LINUX) hal tersebut tidak akan berlaku.

    2. Coba anda buka Notepad. Kemudian coba ketik "Bush hid the facts" lalu save dan exit. Setelah itu, anda buka kembali file tersebut dan apa yang anda ketik ga muncul..'Bush hid the facts' : sebenarnya ini berhubungan "generate" notepad sendiri.. (yaitu "ANSI"). Hal yang sama juga terjadi jika kita menuliskan kalimat apa saja dengan pola 4-3-3-5, seperti 'this api can break', 'this cat can split', 'jane can not dance', 'siap oke boz zifoe' akan mengalami hal serupa dengan yang disebut diatas.Hal ini terjadi karena sebelum membuka berkas tersebut, Notepad berusaha untuk mendeteksi encoding yang digunakan. Ternyata proses deteksi ini mengalami kesalahan jika berkas yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter. Akibatnya berkas yang disimpan dalam encoding ANSI tersebut dibuka dalam encoding UTF-16.

    3. Ketik di MS Word: "=rand(200,99)" (tanpa tanda kutip) dan saksikan "keajaiban.."
    Hal yang menarik ini, sungguh aneh. Bahkan Bill Gates sendiri tidak menemukan jawabannya kenapa ini bisa terjadi. Hal ini malah ditemukan oleh orang Brazil. Boleh dicoba:
    Buka program Microsoft Word dan ketik: =rand (200, 99) kemudian ENTER
    Apa yang temen-temen temukan? Menarik bukan? 
    Sebenarnya ini system default, dan memang salah satu fungsi yang ada pada word, kegunaannya adalah untuk membuat sample text dengan cepat (seperti "lorem ipsum" seperti yang digunakan oleh penggiat web), lihat contoh dibawah :
    =rand(1) -> memasukkan lima kalimat dalam satu paragraf
    =rand(1,1) -> memasukkan satu kalimat dalam satu paragraf   
    =rand(1,2) -> memasukkan dua kalimat dalam satu paragraf
    =rand(2) -> memasukkan lima kalimat dalam dua paragraf
    =rand(2,1) -> memasukkan satu kalimat dalam dua paragraf
    =rand(10) -> memasukkan lima kalimat dalam sepuluh paragraf
    =rand(10,1) -> memasukkan satu kalimat dalam sepuluh paragraf
    =rand(10,10) -> memasukkan sepuluh kalimat dalam sepuluh paragraf
           
    Demikianlah penjelasan singkat mengenai misteri windows yang selama ini banyak di pertanyakan. Semoga Bermanfaat.
    *Disadur dari Berbagai sumber 

    5.0
    Agregar a facebook

    Artikel Terkait:

    3 komentar:

    M13 PASS on 14 April 2010 10.42 mengatakan...

    :)] Pertamax bozz... siip deh.. btw kasih tipes :D eh tips ben warnetku cepet ya boss...

    zifoe on 14 April 2010 10.53 mengatakan...

    yupi.. makasih boz... wah dah jadi nih warnetnya...
    btw.. biar cepet apa ni warnetnya...?? :))
    cepet rame?? cepet ***** atau cepet apa.. =)) =))

    m13 on 14 April 2010 12.29 mengatakan...

    Wes jadi bos,..udah jalan 3 bulan maksude ben cepet koneksinya bos..=(( otomatis cepet rame, cepet kaya :))

    Poskan Komentar

     

    Recent Comment

    Pengikut