Sabtu, 17 Mei 2008

Visual Basic 6.0

Bab 1 - Pengenalan

1.1 Tentang Visual Basic
Visual Basic adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang merupakan pengembangan dari bahasa BASIC versi DOS. BASIC (Beginners' Allpurpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Perintah-perintahnya mirip dengan penggunaan bahasa sehari-hari (Inggris). Perusahaan-perusahaan software memproduksi bahasa BASIC dengan versi yang berbeda seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC dan IBM BASICA.
Perbedaan antara Visual Basic dengan bahasa BASIC adalah pemrograman BASIC masih berorientasi pada text dan program dieksekusi secara berurutan. Untuk itu bahasa BASIC disebut sebagai Interpreter. Sedangkan dalam Visual Basic dengan lingkungan grafiknya, pemrograman berorientasi object dan sudah merupakan compiler. Visual Basic program terdiri dari banyak sub program (prosedur), dimana setiap prosedur mempunyai kode tersendiri dan dapat dieksekusi sendiri dan pada saat yang bersamaan dapat digabungkan menjadi satu.
1.2 Visual Basic Environment
Pada saat start up, Visual Basic 6.0 akan menampilkan dialog box seperti yang tampak pada gambar 1.1. Anda dapat memilih project baru, membuka project yang sudah ada atau membuka project yang pernah dibuka. Project adalah kumpulan dari file untuk membentuk aplikasi yang kita buat. Ada beberapa type aplikasi yang dapat kita buat, akan tetapi kita hanya memfokuskan pada Standard EXE saja. Sekarang coba anda pilih Standard EXE icon untuk memasuki Visual Basic Environment.
Dalam gambar 1.1 Visual Basic Enviroment terdiri dari:

  1. Blank Form window dimana anda dapat mendisain tampilan aplikasi anda.


  2. Project window menampilkan file-file yang telah anda buat.


  3. Properties window yang menampilkan properti dari macam-macam kontrol dan objects yang anda buat.

Termasuk Toolbox yang terdiri dari semua kontrol-kontrol penting untuk mengembangkan apliklasi Visual Basic anda. Kontrol-kontrol (red:bacanya jangan kepeleset) seperti texbox, button, label dan object lainnya ditaruh pada form sebagai input ataupun output.
Gambar 1.1. The Visual Basic Enviroment


Form adalah bagian dari project yang digunakan untuk mendesain windows yang merupakan tampilan antar muka program. Form juga digunakan untuk menampilkan label, textbox, grafik dan kontrol-kontrol lainnya yang digunakan dalam mendesain tampilan program atau untuk memasukan data.
Gambar 1.2. Form Dalam Visual Basic
Toolbox menampilkan semua standar Visual Basic kontrol ditambah dengan kontrol yang bisa kita custom dalam project tersebut.
Gambar 1.3. ToolBox Visual Basic
Anda dapat menset properties dari form dan kontrol dengan menggunakan properties window. Dengan properties ini anda dapat merubah nilai dari form atau kontrol tersebut seperti caption, name, font, colour, size dan position.
Gambar 1.4. Properties Visual Basic

Visual Basic Toolbar juga menyediakan shortcuts untuk operasi yang biasa kita gunakan.
Gambar 1.5.ToolBar Visual Basic

1.3. Memindahkan dan Merubah Ukuran
Semua objek dalam form dan form itu sendiri dapat dipindahkan dan dirubah ukurannya dengan menggunakan mouse. Untuk memindahkan form, klik pada judul form kemudian tahan dengan menggunakan tombol kiri mouse, pindahkan ke posisi sesuai keinginan anda. Untuk merubah ukuran form, pindahkan mouse anda kesudut form sampai gambar mouse anda berubah menjadi anak panah kemudian klik (jangan dilepas) dan ubahlah sesuai dengan keinginan anda.


Next ==>



5.0
Agregar a facebook

Artikel Terkait:

3 komentar:

Healthy Living on 3 Desember 2009 23.57 mengatakan...

Berguna buat saya yg pemula nii mas..
trima kasih mas

Anonim mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif
payah loee....

Anonim mengatakan...

ssah nggak blajar VB?
antara VB dan Algoritma mna yg ssah ?

Poskan Komentar

 

Recent Comment

Pengikut