Minggu, 18 Mei 2008

Pengenalan C++

Belajar pemrograman tidak ubahnya seperti jaring laba-laba, dari bahasa satu dengan yang lainnya saling terkait. Jika kemarin masih suka otak-atik PERL, PHP, DELPHI, Bahasa C, sekarang lagi kepengen belajar C++.

C++ bukan bahasa baru di lingkungan programmer komputer, bahkan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh programmer. Jika anda ingin belajar bahasa pemrograman alangkah baiknya Anda mulai dari Bahasa C, karena dari bahasa inilah banyak bahasa pemrograman dikembangkan, seperti PHP, PERL, Java. bahasa-bahasa ini yang populer saat ini. setidaknya jika bahasa-bahasa itu bukan pengembangan dari bahasa C, tetapi struktur dan fungsi-fungsi dasarnya ada kemiripan.

C++ sendiri artinya C=C+1, maksud dari rumusan ini adalah bahwa C++ merupakan bahasa kelanjutan dari Bahasa C. C++ sendiri berkembang dari versi lama (klasik) sampai sekarang versi modern. Perbedaan yang nyata dari versi ini adalah pada pemanggilan file header dan panggunaan namespace. Jika pada C++ klasik pemanggilan file header dengan menyertakan ekstensi dari file tersebut misal
#include
Tetapi untuk versi modern cukup dengan #include

Pada C++ ada beberapa direktif yang harus dikenali, direktif ini di deklrasikan degan menggunakan tanda #. Berikut direktif pada C++:
* #define
* #elif
* #else
* #endif
* #error
* #if
* #ifdef
* #ifndef
* #include
* #line
* #pragma
* #undef

Struktur Program C++.
Seperti bahasa pemrograman lainya C++ memiliki struktur program standar yang harus diikuti, struktur programnya sebagai berikut:

#include (file-header)
using namespace std; (memanggil namespace std sbg contoh);
int main()
{
//statemen
//statemen
return 0;
}

bentuk di atas adalah bentuk struktur program standar C++ tanpa mendefiniskan Variabel, konstanta, Fungsi, Class, template.

Contoh program sederhana menuliskan "Hallo Didik" Di layar monitor:

#include
using namespace std;
int main()
{
cout<< "Hello Didik"<< endl;
return 0;
}

Komentar Program
Komentar atau keterangan program adalah baris yang akan dilewat oleh compiler, baris ini sebenarnya tidak berpengarus pada program, tapi dengan adanya komentar atau keterangan ini program akan mudah di mengerti dan lebih mudah di cari kesalahan jika ternya ada kesalahan dalam logika pemrograman.

untuk menuliskan komentar di gunakan tanda // untuk komentar yang hanya 1 (satu) baris sendangkan untuk multi baris digunakan tanda /* dan ditutup dengan */ contoh:

#include //Memanggil dile header iostream.h
using namespace std;
int main()
{
/* Program Oleh Didik Kurniawan
Dibuat pada tanggal 29-juni-2007
*/
cout<< "Hello Didik"<< endl;
return 0;
}

Compile program

Compiler C++ yang ada sekarang ini tidak sedikit, akan tetapi pada artikel ini saya akan memperkenalkan compiler C++ pada linux yaitu g++ dan complier pada console windows yang diinstall bersamaan dengan Microsoft Visual C++.

berikut langkah-langkan mengkompile dengan menggunakan g++:
simpan script diatas dengan nama hello.cpp
jalankan linux console, dan arahkan ke direktori tempat anda menyimpan file tersebut misalnya di /home/rajha/c++, lau ketikan perintah berikut:
(ingat [shell] tidak perlu diketikan)

[shell] g++ hello.cpp -o hello (enter)

jika tidak ada kesalahan maka hasil kompile akan membuat file hello, jalankan file tersebut dengan cara

[shell] ./hello (titik garis miring)

sedangkan pada windows nama compiler untuk C++ adalah cl, jika anda menginstall Visual C++, maka di start-menu anda akan ada menu :
Visual C++ 2005 Express Edition->Visual Studio Tools->Visual Studio 2005 Command Prompt.Dengan perintah command prompt biasa arahkan ke di direktori kerja Anda, kemudian dengan menggunakan notepad atu editor lainya salin script di atas dan simpan dengan nama "hello.cpp" (jangan lupa menyimpannya di tempat direktori kerja Anda)

kembali lagi ke command prompt:

untuk mengkompile gunakan perintah:

D:\data\c++> cl hello.cpp

jika script tadi benar, maka akan ada file hello.exe

jalankan file tersebut dengan mengetikan hello


5.0
Agregar a facebook

Artikel Terkait:

2 komentar:

aNdri on 15 September 2008 21.12 mengatakan...

om bisa CPP yawh??

Anonim mengatakan...

// kalau mau nampilin "Hello World" dilayar

#include
#include
using namespace std;
void main()
{
cout<<"\"Hello World\""<<endl;
_getch();
}

semoga membantu...

Poskan Komentar

 

Recent Comment

Pengikut