Sabtu, 17 Mei 2008

Bekerja Dengan Kontrol

Sebelum menulis event prosedur dari kontrol untuk merespons user, anda harus memastikan properti dari masing-masing kontrol tersebut dan bagaimana kontrol tersebut bekerja. Anda bisa merubahnya properti tersebut melalui properties window. Kita tidak akan menjelaskan secara detail bagaimana mengubah properti tersebut, akan tetapi hanya menitikberatkan pada point-point tertentu saja yang dianggap penting.

Anda harus men-set Caption Property dari kontrol sehingga sehingga user mengetahui apa yang harus mereka lakukan dengan kontrol tersebut. Misalnya pada command button yang telah diberi caption "OK" atau "Cancel", user akan tahu apa yang harus mereka lakukan dengan command button tersebut dibandingkan jika anda hanya memberi nilai default dari command button tersebut.

Anda harus men-set Name Property dari masing-masing kontrol yang mencerminkan maksud dari kontrol tersebut, sehingga anda akan mudah untuk membaca alur program anda dan anda dapat dengan mudah men-debugnya dikemudian hari.

Property lainnya yang tidak kalah penting adalah apakah anda menginginkan kontrol tersebut terlihat atau tersembunyi pada saat startup. Property ini dapat anda set menjadi True atau False.

Hal lain yang lebih penting adalah apakah kontrol tersebut aktif atau tidak dengan merubah property enable menjadi True atau False.

1. Label

Label adalah kontrol grafik yang dapat anda gunakan untuk menampilkan text dimana user tidak dapat merubahnya secara langsung. Anda dapat merubahnya melalui kode pemrograman pada saat run time. Untuk merubah textnya anda bisa mengubah captionnya dan mengisikan text sesuai dengan keinginan anda.

Ubah AutoSize dan WordWrap properti menjadi true jika anda ingin menampilkan seluruh text tanpa harus merubah kontrol label tersebut secara manual.

2. Text Box

TextBox kontrol digunakan untuk menampilkan informasi dimana user dapat merubahnya secara langsung. TextBox juga dapat dirubah melalui kode pemrograman pada saat run time. Untuk merubah textnya anda bisa merubah text properti pada textbox tersebut.

Untuk menampilkan banyak text anda bisa merubah MultiLine properti menjadi true. Anda juga bisa menampilkan scrollbar pada textbox tersebu dengan merubah scrollbar properti.

3. Command Button

Kontrol ini yang paling sering digunakan karena berfungsi seperti tombol pada umumnya. Anda bisa merubah textnya dengan merubah caption properti. Untuk menentukan aksi apa yang akan dilakukan jika anda mengklik tombol tersebut anda bisa mengisikan kode program anda pada event click.

4. ListBox

ListBox digunakan untuk menampilkan sejumlah item dimana user dapat memilih satu atau lebih item yang tersedia. Jika jumlah item yang ditampilkan melebihi ukurannya, listbox secara otomatis akan menampilkan scrollbar.

Jika tidak ada item yang dipilih nilai pada ListIndex adalah -1. Item pertama akan diberi nilai 0 sedangkan nilai ListCount adalah jumlah item ditambah 1.

Untuk menambah item anda bisa menggunakan AddItem method sedangkan untuk menghapusnya anda bisa menggunakan RemoveItem method.

5. ComboBox

ComboBox menggabungkan feature texbox dan listbox, hanya memakan sedikit ruang pada layar. Anda bisa memasukan item secara langsung pada combobox berbeda dengan listbox dimana user hanya dihadapkan pada pilihan yang tersedia. Anda bisa merubah style pada combobox sesuai dengan kebutuhan, ComboDropDown, ComboSimple, ComboDropDownList.

6. CheckBox

CheckBox akan menampilkan tanda X jika dipilih. Gunakan kontrol ini untuk memberikan pilihan benar/salah atau Ya/Tidak pada user. Anda juga bisa menggunakan checkbox untuk memberikan banyak pilihan pada user.

7. OptionButton

OptionButton hanya mengijinkan user untuk memilih satu dari sekian banyak item yang ditampilkan. Untuk membuat suatu grup pilihan anda harus menempatkan optionbutton pada Frame kontrol atau PictureBox.

8. Frame

Frame kontrol menyediakan grouping untuk suatu kontrol. Anda bisa menggunakannya untuk memisah-misahkan kontrol berdasarkan fungsinya. Sebagai contoh untuk membuat group dari OptionButton.

9. PictureBox

PictureBox digunakan untuk menampilkan gambar dari bitmap file, icon, metafile dan juga JPEG atau GIF. PictureBox juga dapat digunakan untuk grouping suatu kontrol.


Next ==>



5.0
Agregar a facebook

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Recent Comment

Pengikut