Sabtu, 17 Mei 2008

Hindari Virus Tanpa Antivirus

Virus komputer merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna komputer yang awam. Hal ini pernah terjadi sama teman-teman gw di kampus. Ketika UFD alias USB Flashdisc mereka terkena virus yang dibawa dari Komputer Lab di kampus, mereka kelabakan. Mereka g’ berani buka UFD di kompi and laptop mereka. Ada juga yang memberanikan diri membuka UFD di kompi mereka.. Dorrr... Apa yang terjadi?? Kompi mereka terkena virus karena masih pakai settingan default WinXP.

Hal seperti ini dapat dihindari jika kita paham and mengerti trik yang dipakai oleh para virus maker. Di sini gw akan membahas sedikit trik and tips dalam hindari virus yang menakutkan tersebut.

· Mematikan autorun/autoplay pada removable disc.

Para virus maker biasanya memanfaatkan autorun/autoplay pada removable disc dalam penyebarannya. Untuk menghindarinya, matikan aja fungsi autorun/autoplay. Caranya?? (Sabar dong coy, ntar gw jelasin. Tapi gw ngopi dulu ya..).

Pertama-tama lo klik Start -> Run, trus ketik gpedit.msc.. eng..ieng.. lo akan di bawa ke Group Policy. Trus lo masuk pada Computer Configuration -> Administrative Templates -> System trus lo cari Turn Off Autoplay. Klik Turn Off Autoplay maka akan muncul Turn OFF Autoplay Properties. Klik Enable trus pilih all drives pada Turn Off Autoplay On. Begitu juga pada User Configuration. Bikin Settingannya Autoplay sama dengan Computer Configuration. Trus klik OK.. (Kayak judul lagunya T2).

· Menampilkan extensions file.

Dengan menampilkan extension file maka social engginering yang dipakai virus maker tidak akan bermanfaat lagi. File application yang ber-icon folder, MSWord, atau MSExcel dapat kelihatan. Jika file tersebut ber-extension .exe and ber-icon folder, MSWord atau MSExcel maka dipastikan file tersebut adalah virus. Hapus aja file tersebut dari peredarannya.

Hi, Blank.. Gimana cara menampilkan extensions file tersebut?? Caranya? Klik kanan Start trus klik Explore. Setelah itu lo klik Tools -> Folder Option -> View trus hilangin centang pada Hide extensions for known file types trus (Kayak tukang parkir) klik OK..

· Bukalah file secara details.

Apasih maksudnya, Blank?? Dengan membuka file secara details maka type dr file tersebut akan kelihatan. File yang type-nya application tapi ber-icon folder, MSWord atau MSExcel maka itu dapat dipastikan sebagai virus. Jika kita membuka dengan Thumbnail, Tiles, Icons atau List, type ini tidak akan kelihatan. Oleh sebab itu, bukalah file secara details.

· Gunakan software icolorfolder.

Software icolorfolder merupakan software yang dapat mewarnai folder yang ada di komputer kita. Software ini dapat lo cari pake Uncle Google atau lo email aja gw di zifoe@yahoo.com

Sampai sekarang belum ada virus komputer yang mampu merubah warna folder seperti icolorfolder (Tapi g’ tau untuk ke depannya. Mungkin aja setelah virus maker membaca tutorial gw, mereka terinspirasi bikin virus yang bisa merubah warna folder). Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi virus gunakanlah software icolorfolder (kayak iklan Shampoo).

5.0
Agregar a facebook

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Recent Comment

Pengikut