Jumat, 22 Oktober 2010

Pelangi Mengelilingi Matahari | Halo Matahari di Padang

Fenomena Pelangi Mengelilingi Matahari atau banyak yang menyebut dengan Halo Matahari di Padang banyak di Bahas di situs jejaring sosial Facebook. Fenomena yang disebut juga Cincin Matahari terjadi pada hari kamis kemaren antara pukul 09.00 hingga 11.00. Fenomena cincin halo matahari yang menghiasi langit kota Padang ini sempat membuat masyarakat kota Padang heboh. Ada yang menyangka bahwa peristiwa tersebut pertanda akan terjadinya musibah. Apalagi, sejak dua minggu ini, isu-isu gempa memang cukup merebak di tengah-tengah masyarakat kota Padang. Berikut ini adalah Gambar Fenomena Halo Matahari di Padang:

dan berikut ini adalah Video Youtube Fenomena Halo Matahari:


Bagaimana Fenomena Pelangi Mengelilingi Matahari ini bisa Terjadi.??
Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.
Pada umumnya halo melibatkan putaran radius 22° halo dan sundogs (Parhelia). Dalam gambar diatas, menunjukan matahari di kelilingi oleh 22° halo dan dilambungi (sisi) oleh sundogs. Parhelic circle adalah biasan cahaya kristal yang melepasi sundogs dan mengelilinginya. Kadangkala ia melapisi keseluruhan ruang langit dalam latitut yang sama dengan matahari. Pembinaan tangen ketinggian dan rendah (Upper Tangent arc and Lower Tangent arc) menyentuh secara terus dengan 22° halo sama ada di atas atau dibawah matahari. Pembuatan Lengkungan (Circumzenithal arc) akan terjadi di atas kristal tersebut.
Radius 22° gerhana matahari tidak kelihatan. Ia seperti helaian yang berlapis-lapis atau habuk pada permukaan awan cirrus yang nipis. Awan ini sejuk dan mengandungi ais kristal walaupun pada iklim yang sangat panas.

“Fenomena alam itu lumrah dan bisa terjadi di mana saja, seperti pelangi mengelilingi matahari atau bulan. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan cuaca,” kata Susiana saat menghadiri Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-60 tahun 2010 di Lembang Kabupaten Bandung.
Ia menyebutkan, fenomena halo mungkin jarang terjadi di daerah tropis, namun di belahan bumi Eropa fenomena itu sering terjadi.
Halo, selain terjadi dalam bentuk lingkaran penuh dengan bagian pinggit berbingkai warna pelangi, juga bisa terjadi dalam lingkaran separuh dengan pusat pada cahaya matahari.
Susiana menyebutkan, bila ingin melihat halo, kedua mata harus dilindungi dari pancaran sinar matahari.
“Jangan sesekali terlalu lama memandang halo, kalau perlu memakai kacamata hitam atau tiga dimensi, hindari kilauan pada kaca atau cermin,” katanya.
Khusus bagi mereka yang hendak mengambil foto dengan menggunakan kamera single lens reflex (SLR), sebaiknya tidak langsung membidik melalui kotak bidik ke arah halo, karena cahaya matahari akan masuk ke dalam lensa fokus dan bisa merusak retina mata.

5.0
Agregar a facebook

Artikel Terkait:

14 komentar:

Let's Share Together on 30 November 2010 21.55 mengatakan...

alo salam kenal :)
btw tukeran link yuk :D
ditunggu kabar baiknya ya :)

Download Anime Free on 19 Desember 2010 14.58 mengatakan...

wow keren oi...

Download Anime Free on 19 Desember 2010 15.01 mengatakan...

wah keren jg pemenadangan

blog item on 9 Februari 2011 20.09 mengatakan...

indah sekali,,subhanallah

Steve on 15 Februari 2011 20.10 mengatakan...

wow...menakjubkaaan sekalii

Anjees on 27 Februari 2011 18.52 mengatakan...

kereeennnnnn........

blokbuzz on 13 Maret 2011 09.54 mengatakan...

fenomena yg kereeeeen. tanda kebesaran-Nya

Heri on 12 April 2011 11.56 mengatakan...

Mantap kaleeeee...

AJENG on 20 April 2011 10.20 mengatakan...

subhanallah,,,
nice post..jgn lupa mampir balik ya mz..

Anonim mengatakan...

Allah Maha Pemberi Peringatan
di hari kebangkitan nanti matahari akan didekatkan, mungkin akan segede lingkaran itu dan ga ada naungan selain naunganNya.
Naungan 'Arsy Ilahi diperoleh dg senantiasa berdzikir.

Anonim mengatakan...

udah biasa..
gw udh 3 kali liat fenomena itu

Anonim mengatakan...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :x

=(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x :-t b-(

:-L x( =))

Anonim mengatakan...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :x

=(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x :-t b-(

:-L x( =))

Anonim mengatakan...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :x

=(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x :-t b-(

:-L x( =))

Poskan Komentar

 

Recent Comment

Pengikut